Modul Akuntansi Manajemen - Bab 5 - AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN - BERDASARKAN AKTIVITAS DAN STRATEGI
BAB 5
AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN
BERDASARKAN AKTIVITAS DAN STRATEGI
Sistem akuntansi memainkan peranan penting dalam mengukur kegiatan dan
hasil kerja dari kegiatan tersebut, juga dalam menentukan reward yang diterima
seorang individu dalam organisasi. Peran ini disebut akuntansi pertanggungjawaban
dan merupakan alat utama pengendalian manajerial. Sistem akuntansi
pertanggungjawaban ini didukung oleh empat elemen penting:
1. Membebankan tanggung jawab
2. Menentukan ukuran kinerja (benchmark)
3. Mengevaluasi kinerja
4. Memberikan reward
Sistem akuntansi manajemen menawarkan tiga jenis akuntansi pertanggung
jawaban: (1) akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan fungsional (functional based
responsibility accounting), (2) akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan aktivitas
(activity based responsibility accounting), dan (3) akuntansi pertanggungjawaban
berdasarkan strategik (strategic based responsibility accounting).
Akuntansi Pertanggungjawaban berdasarkan Fungsional
Akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan fungsional membebankan
tanggung jawab pada individu dan unit organisasi (seperti departemen dan pabrik) dan
mengukur kinerja berdasarkan aspek keuangan. Sistem akuntansi
pertanggungjawaban semacam inilah yang biasa dikembangkan oleh sebagian besar
perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan yang relatif stabil dan menitikberatkan
status quo. Penganggaran dan kalkulasi biaya standar merupakan tolak ukur aktivitas
dari kerangka kerja fungsional. Sistem reward dirancang untuk mendorong setiap
individu agar mengelola biaya, yaitu untuk mencapai atau membuatnya di bawah
standar yang dianggarkan.
Dalam perkembangannya, akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan
fungsional sering dianggap tidak mampu memenuhi kebutuhan lingkungan bisnis
yang bersifat dinamis. Beberapa keterbatasan yang dimiliki akuntansi
pertanggungjawaban berdasarkan fungsional antara lain:
1. Terlalu mengandalkan pada varians dan standar.
a) Standar cenderung statis, mendukung status quo dan stabilitas organisasi,
serta memungkinkan adanya tingkat inefisiensi tertentu.
b) Varians adalah indikator yang menunjukkan hasil, bukan penyebab yang
merupakan hal mendasar untuk perbaikan kinerja.
2. Fokusnya internal, bukan eksternal.
3. Terlalu menekankan pada tenaga kerja langsung.
4. Mengabaikan biaya yang tidak bernilai tambah.
5. Varians tradisional dan laporan kinerja memberikan insentif yang kurang tepat
a) Mendorong terlalu banyak produksi dan persediaan yang tidak dibutuhkan
b) Bekerja berlawanan dengan prinsip kerusakan nol (zero defect) dan
pengendalian kualitas total (total quality control).
c) Dapat bekerja berlawanan dengan ketersediaan mesin (khususnya buruk
dalam kondisi bottleneck)
6. Terlalu menekankan pada ukuran keuangan.
Akuntansi Pertanggungjawaban berdasarkan Aktivitas
Akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan aktivitas berfokus pada proses
dan tim. Tanggungjawab kinerja diukur berdasarkan faktor keuangan dan non
keuangan/operasional. Waktu, kualitas, dan efisiensi merupakan dimensi penting dari
kinerja karena sistem ini bertujuan untuk menghasilkan produk dengan biaya rendah,
berkualitas tinggi, dan diterima konsumen tepat waktu. Sistem akuntansi
pertanggungjawaban ini dikembangkan oleh perusahaan yang beroperasi dalam
lingkungan yang kompetitif dan menuntut perbaikan berkelanjutan (continuous
improvement). Perubahan dapat dilakukan melalui: (1) perbaikan proses
(improvement process), (2) proses inovasi (innovation process), dan (3) penciptaan
proses (process creation). Karena berbagai perubahan proses tersebut memerlukan
aktivitas tim, maka reward berdasarkan tim lebih sesuai untuk digunakan daripada
reward individu.
Akuntansi Pertanggungjawaban berdasarkan Strategi
Kelemahan utama dari perbaikan berkelanjutan adalah tidak mampu untuk
menyesuaikan dengan misi dan strategi organisasi secara keseluruhan. Oleh
karenanya, diperlukan perbaikan berkelanjutan yang terarah. Akuntansi
pertanggungjawaban berdasarkan strategik menerjemahkan visi dan misi organisasi ke
dalam strategi operasional dan mengembangkan dimensi pertanggungjawaban
menjadi empat dimensi, yaitu keuangan (financial), pelanggan (customer), proses
bisnis internal (internal business process), serta pembelajaran dan pertumbuhan
(learning & growth). Ukuran kinerja dirancang agar dapat mengkomunikasikan
strategi bisnis dan membantu menyelaraskan tujuan individu dan organisasi. Ukuran
yang dipilih harus menyeimbangkan antara ukuran lag vs lead, objektif vs subjektif,
keuangan vs non keuangan, dan antara internal vs eksternal. Reward untuk individu
diberikan berdasarkan ukuran kinerja multidimensi.
Analisis Nilai Proses
Analisis nilai proses merupakan sesuatu yang mendasar dalam akuntansi
pertanggungjawaban berdasarkan aktivitas; lebih berfokus pada aktivitas dibanding
pada biaya, dan lebih menekankan pada kinerja sistem secara keseluruhan dibanding
kinerja individu.
1. Analisis Penggerak
Pengelolaan aktivitas memerlukan pemahaman terhadap penyebab biaya
aktivitas. Analisis penggerak merupakan suatu usaha pengidentifikasian faktor-
faktor yang menjadi penyebab utama biaya aktivitas. Misal: biaya perpindahan
bahan ternyata disebabkan oleh tata letak pabrik, maka penataan kembali tata letak
pabrik diharapkan dapat mengurangi biaya perpindahan bahan.
2. Analisis Aktivitas
Analisis aktivitas adalah proses mengidentifikasikan, menjelaskan, dan
mengevaluasi aktivitas organisasi. Analisis aktivitas menghasilkan outcome: (1)
aktivitas apa yang dilakukan, (2) bagaimana aktivitas dilakukan, (3) waktu dan
sumber daya yang diperlukan untuk melakukan aktivitas, dan (4) penilaian
terhadap aktivitas (bernilai tambah & tidak bernilai tambah)
> Aktivitas disebut bernilai tambah (value added activities) jika memenuhi tiga
kondisi: (1) aktivitas menghasilkan perubahan, (2) aktivitas sebelumnya tidak
menghasilkan perubahan tersebut, dan (3) aktivitas ini memungkinkan
dilaksanakannya aktivitas lainnya. Contoh: pemotongan kayu, perakitan, dan
pengecatan pada usaha furniture.
> Aktivitas disebut tidak bernilai tambah (non value added activities), yaitu
semua aktivitas selain dari aktivitas yang penting untuk dilakukan dan
diperlukan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Contoh: penjadwalan,
pemindahan, waktu tunggu, pemeriksaan, dan penyimpanan.
Biaya bernilai tambah = SQ x SP
Biaya tidak bernilai tambah = (AQ - SQ) SP
SQ : tingkat output bernilai tambah dari suatu aktivitas
SP : harga standar tiap unit dari ukuran output aktivitas
AQ : kuantitas aktual penggunaan sumber daya fleksibel atau
kapasitas aktivitas praktis yang diperoleh untuk sumber daya terikat
> Pengurangan biaya dapat dilakukan melalui empat cara:
a) Eliminasi aktivitas (activity elimination), yaitu menghilangkan aktivitas
yang tidak bernilai tambah.
b) Pemilihan aktivitas (activity selection), yaitu memilih aktivitas dari desain
paling efektif yang mampu mengurangi biaya.
c) Pengurangan aktivitas (activity reduction), yaitu meningkatkan efisiensi
dari aktivitas yang diperlukan.
d) Pembagian aktivitas (activity sharing), yaitu meningkatkan efisiensi dari
aktivitas yang diperlukan dengan menggunakan skala ekonomis,
menghindari munculnya aktivitas baru.
3. Pengukuran Kinerja Aktivitas.
Ukuran kinerja aktivitas yang digunakan meliputi efisiensi, kualitas, dan
waktu. Adapun ukuran keuangan dari efisiensi aktivitas, meliputi:
1. Laporan biaya akivitas bernilai tambah dan aktivitas tidak bernilai tambah
2. Trend dalam laporan aktivitas biaya
3. Penentuan standar Kaizen
Standar Kaizen berfokus pada pengurangan biaya dari produk dan
proses yang sudah ada melalui pengurangan biaya-biaya tidak bernilai tambah.
Pengendalian terhadap proses pengurangan biaya ini dilakukan melalui
penggunaan dua subsiklus: (1) siklus kaizen (siklus perbaikan berkelanjutan)
dan (2) siklus pemeliharaan.
4. Benchmarking
Dengan benchmarking, manajemen mengidentifikasi peluang
perbaikan aktivitas serta menggunakan praktik terbaik sebagai standar dalam
evaluasi kinerja aktivitas.
5. Manajemen Kapasitas
Kapasitas aktivitas menunjukkan jumlah berapa kali suatu aktivitas
dapat dilakukan. Penggerak aktivitas akan mengukur kapasitas aktivitas. Dua
pertanyaan yang perlu dijawab.
a) Seberapa besar seharusnya kapasitas aktivitas tersebut? Hal ini
menunjukkan kemampuan untuk mengukur jumlah peningkatan yang
masih dimungkinkan.
b) Seberapa banyak kapasitas yang dimiliki digunakan? Hal ini menunjukkan
biaya non produktif dan sekaligus peluang untuk mengurangi kapasitas
dan mengurangi biaya.
6. Life Cycle Costing
Siklus hidup produk adalah waktu keberadaan produk mulai dari
pengkonsepan hingga tidak terpakai. Biaya siklus hidup adalah semua biaya
yang berhubungan dengan produk selama keseluruhan umur hidupnya,
termasuk di dalamnya biaya pengembangan, produksi, dan dukungan logistik.
Balance Scorecard (BSC)
Balance Scorecard (BSC) adalah suatu sistem manajemen stratejik yang
merupakan operasionalisasi dari akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan strategi.
BSC menerjemahkan misi dan strategi organisasi ke dalam tujuan operasional ukuran
kinerja untuk empat perspektif yang berbeda:
1. Keuangan: mendeskripsikan konsekuensi ekonomi dari tindakan yang
dilakukan dalam tiga perspektif lain (pelanggan, proses bisnis internal,
pembelajaran&pertumbuhan). Contoh: pertumbuhan pendapatan, pengurangan
biaya, dan pemanfaatan aset.
2. Pelanggan: menentukan pelanggan dan segmen pasar yang diambil dalam
operasional bisnis. Contoh: peningkatan pangsa pasar, akuisisi pelanggan
baru, retensi pelanggan, kepuasan pelanggan, profitabilitas pelanggan, dll.
3. Proses bisnis internal: menjelaskan proses bisnis internal yang diperlukan
untuk menyediakan nilai bagi pelanggan dan pemilik perusahaan. Contoh:
proses inovasi, proses operasional, dan responsivitas terhadap pelanggan.
4. Pembelajaran dan pertumbuhan: menentukan kemampuan yang diperlukan
organisasi untuk menciptakan peningkatan dan pertumbuhan jangka panjang.
Contoh: peningkatan kemampuan karyawan, motivasi dan pemberdayaan
karyawan, serta kemampuan sistem informasi.
Dimensi Akuntansi Pertanggungjawaban
|
Berbasis Fungsional
|
Berbasis Aktivitas
|
Berbasis Strategi
|
Tanggung jawab yang ditentukan
|
■ Individual yang bertanggungjawab
■ Efisiensi operasi
■ Unit organisasional
■ Outcome keuangan
|
S Tim
S Rantai Nilai S Proses S Keuangan
|
> Keuangan
> Proses
> Pelanggan
> Infrastruktur
|
Ukuran Kinerja yang Ditentukan
|
■ Anggaran unit
■ Standar statis
■ Standard costing
■ Standar yang saat ini tercapai
|
S Optimal S Orientasi
Proses S Dinamis S Nilai tambah
|
> Strategi Komunikasi
> Penyatuan Tujuan
> Ukuran yang berimbang
> Hubungan ke strategi
|
Pengukuran Kinerja
|
■ Efisiensi keuangan
■ Aktual vs standar
■ Biaya yang dapat dikendalikan
■ Ukuran Keuangan
|
S Pengurangan
Waktu S Pengurangan
Biaya S Peningkatan
Kualitas S Ukuran Trend
|
> Ukuran Keuangan
> Ukuran Proses
> Ukuran pelanggan
> Ukuran infrastruktur
|
Penghargaan individual berdasarkan kinerja
|
■ Promosi
■ Profit Sharing
■ Bonus
■ Peningkatan Gaji
|
S Promosi S Gain Sharing S Bonus S Peningkatan Gaji
|
> Promosi
> Profit Sharing
> Bonus
> Peningkatan Gaji
|
Modul akutansi manajemen - LINK SOURCE PDF -
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Mimin%20Nur%20Aisyah,%20M.Sc.,%20Ak./Modul%20Akuntansi%20Manajemen%202007.pdf
- asli
Modul pembelelajaran dengan menggunakan media
internet ini sengaja dibuat atau dipostkan dengan maksud untuk membantu
anda sekalian dalam menemukan materi yang berkaitan dengan akuntansi
manajemen, seperti yang akan anda pelajari di bangku kuliah maka ada
baiknya anda membaca sendiri tentang materi lengkap akuntansi manajemen
ini untuk memulai start atau langkah awal anda, sehingga anda dapat
dengan mudah mengikuti proses belajar di kampus dan menggali lebih dalam
lagi ilmu akuntansi manajemen ini, file asli dalam rangkuman ini
sebenarnya bertipekan filepdf yang mana dapat di download lengkap ( akan
disebutkan sourcenya pada akhir postingan ), sehingga memudahkan anda
apabila anda ingin mencetaknya dan menjadikannya buku pegangan, sehingga
lebih hemat apabila dibandingkan dengan anda membeli buku , namun
alangkah baiknya apabila anda mempunyai lebih dari satu
pegangaan,selamat membaca dan semoga sukses dengan pilihan jurusan anda
dan pilihan materi yang anda baca tentang akuntansi manajemen ini,
selamat beraktifitas.
belajar akuntansi, akuntansi manajemen
lengkap, akuntansi jurusan, jurusan akuntansi, modul lengkap akuntansi,
mari belajar manajemen akuntansi, manajemen dan akuntansi, materi kuliah
akuntansi, cara belajar akuntansi, tentang akuntansi , pilihan
akuntansi, macam macam akuntansi, manajemen akuntansi kuliah, sks
manajemen akuntansi, akuntansi manajemen dan kuliah, universitas
akuntansi manajemen, belajar cepat akuntansi manajemen, akuntansi
manajemen lengkap, pdf akuntansi manajemen, modul manajemen akuntansi,
jurusan modul manajemen akuntansi, dowdnload artikel tentang akuntansi,
materi akuntansi manajemen, materi lengkap akuntansi manajemen untuk
kuliah, materi kuliah akuntansi manajemen.
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-2-konsep.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-3.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-majemen-bab-4-biaya.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-5.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-12.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-8.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-13.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-6-analisa.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-1-peran.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-11.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-9.html
http://droidxxx.blogspot.com/2014/12/modul-akuntansi-manajemen-bab-7-biaya.html
PDF EMBED
DAFTAR PUSTAKA
Anthony, R.N., dan Govindarajan, V. 2001. Management Control Systems. Tenth
Edition. New York: McGraw-Hill Irwin.
Garrison dan Noren. 2006. Managerial Accounting. Eleventh Edition. Mc Graw Hill.
Hansen, D.R., dan Mowen, M.M. 2005. Managerial Accounting. Seventh Edition.
Cincinnati: South-Western College Publishing (HM).
Rayburn, L.G. Akuntansi Biaya: dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen
Biaya. Edisi 6. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Rayburn, L.G. Akuntansi Biaya: dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen
Biaya. Edisi 6. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sugiri, S., dan Sulastiningsih. 2004. Akuntansi Manajemen: Sebuah Pengantar. Edisi
Ketiga. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Young, M.S. 2001. Readings in Management Accounting. Englewood Cliffs: Prentice
Hall.